Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, mungkin artikel ini yang dicari, yaitu contoh PTK IPA kelas IV BAB I dengan judul "Penggunaan Metode Inkuiri untuk Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA tentang Struktur Daun dan Fungsinya bagi Siswa Kelas IV SD"
Berikut ini BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Model dan pendekatan pembelajaran dalam dunia pendidikan selalu mengalami
perkembangan seiring berjalannya waktu. Berbagai macam model dan pendekatan
pembelajaran diterapkan oleh para guru, namun hasilnya tetap belum maksimal.
Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu
mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan
mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu pilar Contextual
Teaching and Learning (CTL) adalah inkuiri atau menemukan yang merupakan
bagian inti dari kegiatan pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang
diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta akan tetapi
hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah yang
diberikan oleh guru sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung.
Kemampuan siswa kelas IV SD dalam hal menemukan pengetahuan sendiri masih
sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dalam beberapa kali proses kegiatan belajar
mengajar berlangsung baru 30% siswa yang berani tunjuk jari bila guru
memberikan pertanyaan, 20% siswa yang mampu memberikan solusi atas permasalahan
teman, dan 40% siswa yang dapat menjawab soal evaluasi dengan benar, ini
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa tersebut masih rendah.
1. Permasalahan
Permasalahan yang
terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini terbukti dari dua
kali pelaksanaan tes formatif, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan.
Dari 20 anak yang mengikuti tes formatif, baru 10 anak (50%) yang mencapai
ketuntasan.
Untuk mengatasi
permasalahan di atas, perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memecahkan masalah mengenai kompetensi
dasar menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan
dengan fungsinya dengan materi struktur daun dan fungsinya, dengan cara
mencari sendiri pemecahannya, sedangkan guru hanya sebagai pembimbing.
2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
observasi dan diskusi dengan teman sejawat diketahui adanya beberapa masalah
yang menyebabkan rendahnya pencapaian kompetensi dasar tersebut. Beberapa kemungkinan
penyebabnya adalah:
a.
Kurangnya kemampuan siswa dalam mencari dan
menemukan pengetahuan atau konsep.
b.
Rendahnya keberanian siswa dalam memberikan
pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.
3. Analisis Masalah
Dari pernyataan-pernyataan
tersebut di atas dapat disimpulkan beberapa faktor penyebab timbulnya
permasalahan, di antaranya:
a.
Guru belum menerapkan metode yang sesuai dengan
pembelajaran yang dilaksanakan.
b.
Guru belum mengaktifkan siswa dalam proses
kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
c.
Guru belum memberikan kesempatan pada siswa
untuk mencari sendiri konsep materi pelajaran.
4. Pemecahan Masalah
Agar permasalahan
dapat dipecahkan, maka guru perlu melakukan tindakan, yaitu penelitian tindakan
kelas (PTK) berupa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dan
diskusi kelompok besar dan kelompok kecil agar dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang
akan dikemukakan adalah:
1.
Apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat
meningkatkan keaktifan belajar IPA tentang struktur daun dan fungsinya bagi
siswa kelas IV SD?
2.
Apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar IPA tentang struktur daun dan fungsinya bagi siswa kelas
IV SD?
- Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Penelitian
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui penggunaan metode inkuiri.
2. Tujuan
Khusus
Penelitian ini bertujuan untuk
a.
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui
penggunaan metode inkuiri.
b.
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui
penggunaan metode inkuiri.
D. Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
a.
Dari segi teoritis diharapkan
penelitian dapat melengkapi teori pembelajaran yang berkaitan dengan metode
inkuiri untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang struktur
daun dan fungsinya.
b.
Hasil penelitian juga diharapkan
mampu memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan
metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA.
c.
Sebagai bahan kajian bagi peneliti
lebih lanjut yang mengkaji masalah yang sama.
2.
Manfaat Praktis
a.
Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
menemukan pengetahuan sendiri.
2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3) Meningkatkan hasil belajar siswa.
4) Meningkatkan keaktifan dan konsentrasi
siswa dalam pembelajaran.
b.
Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1) Memperbaiki kualitas/mutu kegiatan pembelajaran
yang dikelolanya.
2) Sebagai sarana perbaikan kinerja guru
untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3) Menambah pengetahuan, wawasan, dan
pengalaman bagi guru.
4) Memberikan solusi kepada guru lain
dalam memecahkan masalah pembelajaran.
5) Meningkatkan profesionalisme guru.
c.
Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1) Memberi masukan kepada penyelenggara
sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2) Membantu sekolah untuk maju dan
berkembang.
3) Meningkatkan kualitas belajar secara
umum.
Demikian, Contoh PTK IPA kelas IV BAB I Struktur Daun dan Fungsinya, semoga bisa menjadi referensi dalam pembuatan laporan PTK.
No comments:
Post a Comment