Monday, October 28, 2013

Contoh PTK IPA kelas IV BAB I Struktur Daun dan Fungsinya



Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, mungkin artikel ini yang dicari, yaitu contoh PTK IPA kelas IV BAB I dengan judul "Penggunaan Metode Inkuiri untuk Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA tentang Struktur Daun dan Fungsinya bagi Siswa Kelas IV SD"

Berikut ini BAB I





BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Model dan pendekatan pembelajaran dalam dunia pendidikan selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Berbagai macam model dan pendekatan pembelajaran diterapkan oleh para guru, namun hasilnya tetap belum maksimal. Pada akhirnya diperkenalkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu pilar Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah inkuiri atau menemukan yang merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta akan tetapi hasil dari menemukan sendiri, terutama di dalam memecahkan suatu masalah yang diberikan oleh guru sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung.
Kemampuan siswa kelas IV SD dalam hal menemukan pengetahuan sendiri masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dalam beberapa kali proses kegiatan belajar mengajar berlangsung baru 30% siswa yang berani tunjuk jari bila guru memberikan pertanyaan, 20% siswa yang mampu memberikan solusi atas permasalahan teman, dan 40% siswa yang dapat menjawab soal evaluasi dengan benar, ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa tersebut masih rendah.
1.      Permasalahan
Permasalahan yang terjadi di SD adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini terbukti dari dua kali pelaksanaan tes formatif, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari 20 anak yang mengikuti tes formatif, baru 10 anak (50%) yang mencapai ketuntasan.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memecahkan masalah mengenai kompetensi dasar menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya dengan materi struktur daun dan fungsinya, dengan cara mencari sendiri pemecahannya, sedangkan guru hanya sebagai pembimbing.
2.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan observasi dan diskusi dengan teman sejawat diketahui adanya beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya pencapaian kompetensi dasar tersebut. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:
a.       Kurangnya kemampuan siswa dalam mencari dan menemukan pengetahuan atau konsep.
b.      Rendahnya keberanian siswa dalam memberikan pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.
3.      Analisis Masalah
Dari pernyataan-pernyataan tersebut di atas dapat disimpulkan beberapa faktor penyebab timbulnya permasalahan, di antaranya:
a.       Guru belum menerapkan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang dilaksanakan.
b.      Guru belum mengaktifkan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
c.       Guru belum memberikan kesempatan pada siswa untuk mencari sendiri konsep materi pelajaran.

4.      Pemecahan Masalah
Agar permasalahan dapat dipecahkan, maka guru perlu melakukan tindakan, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dan diskusi kelompok besar dan kelompok kecil agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang akan dikemukakan adalah:
1.      Apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA tentang struktur daun dan fungsinya bagi siswa kelas IV SD?
2.      Apakah melalui penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang struktur daun dan fungsinya bagi siswa kelas IV SD?

  1. Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui penggunaan metode inkuiri.
2.      Tujuan Khusus
Penelitian ini bertujuan untuk
a.       meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui penggunaan metode inkuiri.
b.      meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD terhadap konsep struktur daun dan fungsinya melalui penggunaan metode inkuiri.

            D.    Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
a.       Dari segi teoritis diharapkan penelitian dapat melengkapi teori pembelajaran yang berkaitan dengan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang struktur daun dan fungsinya.
b.      Hasil penelitian juga diharapkan mampu memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA.
c.       Sebagai bahan kajian bagi peneliti lebih lanjut yang mengkaji masalah yang sama.
2.      Manfaat Praktis
a.      Bagi siswa
Manfaat penelitian bagi siswa adalah:
1)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri.
2)      Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa.
4)      Meningkatkan keaktifan dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
b.      Bagi Guru
Manfaat penelitian bagi guru adalah:
1)      Memperbaiki kualitas/mutu kegiatan pembelajaran yang dikelolanya.
2)      Sebagai sarana perbaikan kinerja guru untuk dapat mengembangkan penggunaan metode pembelajaran.
3)      Menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagi guru.
4)      Memberikan solusi kepada guru lain dalam memecahkan masalah pembelajaran.
5)      Meningkatkan profesionalisme guru.
c.       Bagi Sekolah
Manfaat penelitian bagi sekolah adalah:
1)      Memberi masukan kepada penyelenggara sekolah dalam upaya memperbaiki dan merumuskan program sekolah ke depan.
2)      Membantu sekolah untuk maju dan berkembang.
3)      Meningkatkan kualitas belajar secara umum.

Demikian, Contoh PTK IPA kelas IV BAB I Struktur Daun dan Fungsinya, semoga bisa menjadi referensi dalam pembuatan laporan PTK.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...